Senin, 03 Oktober 2011

asal muasal

Bunakku (Timor) | Bunak / Bunaq (Timor)

Berikut ini adalah versi awal. Berikut ini adalah versi awal. Berikut ini adalah versi awal. Berikut ini adalah versi awal. Perubahan Masa Depan
Bunakku Bunak / Bunaq penduduk kerajaan hadir di wilayah pegunungan utara Ramakunen Lamaknen Kabupaten Belu Bell Timor Leste. Kata Bunakku adalah bahwa untuk milik sistem Papua, sekitar 15.000 orang di Timor Barat, yang mengatakan bahwa jumlah penduduk di Timor Timur lebih lanjut.
 1986, jika Anda pergi ke jantung kerajaan Kewar Ramakunen, berjalan di atas sungai selama musim hujan sampai ke pinggang, dengan kemiringan curam hanya tarik dan siap tumpangi turun trek, berbatasan Timor Timur kesabaran minimum yang diperlukan untuk mengatasi sejumlah prosedur politik yang dibutuhkan.  Desa ini memiliki monumen Kewar menampilkan berbagai jejak kebudayaan megalitik. Kongres konvensi Megurashita lantai batu dalam lingkaran (yang paling penting adalah pengadilan terhadap pelanggar konvensi) sekitar alun-alun menjadi peringatan batu dan mezbah pilar batu menghiasi kerusakan akibat首狩ditempatkan dan nenek moyang patung batu, yang setiap pria, wanita, empat dari Raja, bangsawan, dan makna yang diberikan, yang disusun seluruh ruang desa, sehingga untuk berbicara. Di masa lalu, mengambil megalit surround rumah-rumah yang didirikan bersama praktek-praktek seperti wajah elips pesawat ke kapal. Pada waktu itu, hanya tersisa satu rumah tua yang besar membangun kerajaan pabean.

Deuhoto rumah yang deu itu. Di Indonesia, seperti hubungan manusia berdasarkan rumah sebagai bangunan dan rumah-rumah umumnya diceritakan dalam kata-kata yang sama. deu rasa masyarakat sementara juga rumah, asal satu kelompok yang diyakini hidup di bawah atap yang sama. Pada kenyataannya, rumah-rumah di desa adalah pusat dari praktek kelompok, setiap anggota dari sebuah desa modern baru di dekatnya dan Sinchon (sebagian besar miskin) sering telah membangun rumah. deu harta dan oven batu suci yang telah diabadikan dalam cerita rakyat adat rumah, ketika ada pesta khusus festival untuk mengumpulkan rumahnya sendiri milik sebuah kelompok praktik. Praktik seperti rumah deu Hoto ( Hoto api) itu.  Ada sebuah legenda tentang asal-usul rumah Bunakku menarik.

Nenek moyang kita bertemu di Le aux-ke-lipat sisir Trou keluar berkeliaran di pulau Timor di Timor Timur. Kali ini, mereka duduk di atasnya, mereka membawa tiga batu, tuak dituangkan ke dalam darah masing-masing, dan sumpah persahabatan sedang minum itu. Akan membawa pulang setelah tiga biji batu-batu itu ke dalam tungku. Mereka adalah keturunan Ramakunen Beremautsu, keturunan dari pulau Sawu Sabumautsu adalah melalui Bell South, bergerak di sekitar Pulau Timor juga siapa lagi. Karena mereka tidak punya rumah tinggal bahkan mendarat di tanah baru, dan menyerahkan rumah perahu pada kesempatan itu.
Di sini, dari asal dan batu tungku rumah lambung suci dalam bentuk tradisi, yang berbicara tentang hubungan dengan pulau Sawu. Bahkan lebih menarik, bahkan sekarang Bunakku Furorepu sumpah persahabatan saat ini akan menjadi untuk mempertahankan hidup yang terus terjadi antara penduduk di pulau dan sub-tingkat. Misalnya, jika Anda ingin seseorang untuk membangun rumah, Furorepu memainkan peran penting kopling timbal balik antara mertua bersama dengan Maruay didasarkan pada transfer pengantin wanita. Ketika atap terbuat dari Deuhoto dijuluki Ekin desa pada tahun 1979, dibuat untuk pembantaian ritual, sapi disajikan kepada orang-orang bergegas untuk membantu betis sekitar satu minggu (awalnya kerbau) 5 kepala, kepala babi 10, telah dikonsumsi setengah dua ton beras untuk itu.
Struktur Deuhoto  Pilar pertama dari bangunan rumah yang Giririrun sebuah sekelompok pendukung sudut lantai tinggi (pilar sudut) adalah. Memiliki dua kolom di gedung hari ini, Nuraruroru (pilar Laut) dan Nuraruhoto (Tiang Api) dinaikkan. Ini dua hari, ritual dilakukan setelah masing-masing pilar terkubur di dalam tanah, dalam rangka untuk mendinginkan panas pilar bangunan, darah mereka akan Gane 屠 Tsu kerbau dan babi. 注 Ini fakta dan pembangunan lantai mengangkat dengan hukum, yang berarti bahwa kopling dari dua elemen struktural dari konstruksi atap dengan Nuraru. Baru Rirusu empat pilar di setiap sisi pilar-pilar bangunan ini terus berlanjut. Rirusu Nuraru dan merupakan pilar utama yang mendukung atap, pilar dan balok lantai pendukung untuk semua tetapi ini dihiasi dengan patung. Gili, Nuraru, ada uang hanya untuk mengisi praktek di bawah pilar Rirusu, pilar ini merupakan pilar yang dianggap simbolis ke backbone rumah.
Deuhoto ruang  Tinggi ruang lantai tempat tinggal manusia dibagi menjadi empat bagian. Ruang terbuka Rakotsu frontmost tanpa dinding adalah seorang kediaman keluarga selain suami dan istri. Payudara dan labirin, dikelilingi oleh bantuan nyata untuk bagian dalam angka dan kadang-kadang burung, yang masuk melalui pintu putar di sini. Ruang indoor adalah satu-satunya yang dapat diandalkan satu nyala api tungku gelap. Tetapi ruang terbuka yang tampaknya rencana untuk yang satu ini, yang sebenarnya dibagi dengan ambang batas tak terlihat. Nuraruhoto ruang tersembunyi dan ruang hidup di depan tungku terdalam. Selain itu, ruang itu sendiri telah tinggal di belakang dan Hotoaran Rorunoratsu Wakata ke sisi inlet dari pusat balok lantai tebal. Balok lantai ini yang Otan merupakan kontraindikasi untuk pernikahan antara kerabat yang sama (menikah dengan sepupu silang dianjurkan) namun diperkirakan untuk melambangkan, dalam sebuah keluarga inti perumahan ini artinya adalah kehilangan hampir . Rorunoratsu tidur laki-laki tua dan perempuan tidak menikah, terlibat dalam ritual Nuraruroru ruang adalah tempat di mana mayat-mayat tergeletak di pemakaman. Ini adalah tempat tidur untuk pasangan suami Hotoaran adalah tempat untuk memasak dan makan. Dalam Deuhoto Kewaru terletak di luar ruang di belakang dinding bahkan untuk memasak oven, oven akan tersedia untuk Hotoaran ritual. Berikut adalah ditempatkan oven batu suci dibawa di tangan nenek moyang mereka. Hotoaran ini kadang-kadang sebuah kamar kecil dilengkapi dengan kotak-seperti Rokaporu. Noh informal bermain barang rumah tangga Anda, di mana tidur adalah patriark hanya berkualitas dan pengantin baru.
Depan sisi bangunan telah Nuraruroru pilar pilar laut yang memainkan peran sentral dalam Bunakku dunia spiritual. 结Wae dengan hasil pertama dari jagung setelah panen, tanduk kerbau, Antiquities dari nenek moyang, dan mengambil pedang, kaki tiang (lantai) yang disediakan pada altar batu datar. Persembahan kepada leluhur dikhususkan untuk batu ini. Nuraruroru sisi langit-langit (di atas kata Rakotsu) adalah ruang paling suci di rumah Anda, dan diabadikan instrumen suci, selain penegakan ritual adalah harus memanjat.
Kewar
Bunak
aitos leluhur patung
Bunak
Bunak
Bunak
Bunak
Bunak
Bunak
Bunak
Bunak
Bunak
Bunak
Bunak
Bunak
Bunak
Bunak
Bunak
Bunak
Bunak
Bunak

Nualain
Bunak
Bunak
Bunak
Bunak
Bunak
Bunak
Bunak
Bunak
Bunak

Ekin
Bunak
Bunak
Bunak
Bunak
Bunak
Bunak
Bunak
Bunak
Bunak

Desa Kewar (1987)
Penduduk 1433 orang
333 rumah tangga rumah tangga

Desa Nualain (1987)
Penduduk 1587 orang
303 rumah tangga rumah tangga

Catatan



Para Bunak (Juga dikenal sebagai Bunaq, "Buna, Bunake) Apakah Hidup Itu sebuah kelompok etnis di Daerah Pegunungan Timor Tengah, membagi Politik batas ANTARA ANTARA Timor Barat, Indonesia, Timor Timur dan Kabupaten Khususnya di Lamaknen.
Wikipedia
50.000 penduduk di Timor Timur, di Indonesia 50.000 (1.977 Voegelin dan Voegelin). Interior Pulau Timor Wilayah Tengah, Pantai Selatan Nama Alternatif. Buna ", Bunake, Bunaq.
Ethnologue
Bunak desa sering terdiri dari pemukiman individu. Di pegunungan, orang-orang hidup di ladang (tanah yang telah dibersihkan oleh "tebang dan bakar" pertanian) untuk bagian tahun Setelah memanen tanaman,. Namun, mereka kembali ke desa asal mereka . Setiap desa memiliki rumah suci, dengan seorang imam kustodian dan area sekitarnya tabu Karena peperangan mantan pesisir, desa dan rumah-rumah terisolasi dikelilingi oleh Stockades.. Bunak keturunan ditelusuri melalui kedua laki-laki dan perempuan, dan lingkaran kekerabatan adalah Terbagi berbagai sub-kelompok KE Pusat, Namun, keluarga nuklir adalah, Terdiri dari pria, wanita, dan anak-anak mereka..
Yosua


Belu
Pulau Timor Belu (Tetun) rumah
Atoni
Pulau Atoni Timor (Dawan) ritual rumah Atoni | Atoni
Sawu
Sawu Island House Pulau Sawu | Sawu
Kisar
Island House Kisar Pulau Kisaru | Kisar


BUNAK RUMAH 'Deu Hoto'
RUMAH Bunak "Deu Hoto"
Desa Ekin, Kec.lamaknen, Kab.belu, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

[Referensi]
  • VROKLAGE, TAS "ETHNOGRAPHIE DER Belu DI Zentral-TIMOR" 3vols, EJBrill, Leiden, 688P 228 P 106 PL, 1952
  • Berthe, Louis "Bei Gua: Itineraire des ancetres", Paris, 1972
  • Friedberg, Claudine 'Espaces Bunaq: Une Esquisse tuangkan Eksplorasi "Naturaliste" d'un Paysage Culturel', l'Homme, ET hier Aujourdhui , pp.391-419, 1 974
  • Bere Tallo, AA "ADAT ISTIADAT DAN KEBIASAAN Suku BANGSA DI BUNAQ LAMAKNEN (TIMOR TENGAH)", 1978
  • Friedberg, 'Wanita rebus dan Manusia panggang: Mitos dan Ritual Pertanian Bunaq di Timor Tengah' Claudine, dalam James J. Fox (ed.) "Arus Kehidupan: Essays on Indonesia Timur", Harvard University Press, pp.266 -289, 1980
  • Koji Sato, "Rumah Pulau Timor," "Studi Etnis Triwulanan" 43, pp.24-35, 1988

Tidak ada komentar:

Posting Komentar